Jumat, 03 Oktober 2014

Tugas SOFT SKILL: ILMU BUDAYA DASAR




Disini saya akan menjelaskan tentang Kaitan Budaya dengan Perilaku Manusia beserta contohnya, namun sebelum itu alangkah baiknya kita memahami terlebih dahulu makna dari budaya itu sendiri, Budaya adalah cara hidup yang dimiliki seseorang atau sebuah kelompok yang diwariskan dan di kembangkan dari generasi ke genrasi berikutnya. Budaya merupakan bagian dari dalam diri seseorang yang tidak dapat di pisahkan, karena budaya adalah sebuah kebiasaan, jadi banyak orang yang cenderung menganggapnya warisan secara genetis.

Menurut saya, budaya terbentuk dari kegiatan sehari-hari dan kejadian yang pernah di alaminya. Budaya secara otomatis dapat memengaruhi perilaku dan kepribadian manusia karena seseorang tinggal dan terbawa dalam lingkungan masyarakat yang memiliki budaya tersebut.

Budaya terbentuk dari banyak unsur, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, pakaian, bangunan, lingkungan dan seni berbahasa. Ada beberapa pendapat ahli yang mengemukakan unsur kebudayaan, antara lain sebagai berikut:

1.      Melville J. Herskovits menyebutkan kebudayaan memiliki 4 unsur pokok, yaitu:
·         alat-alat teknologi
·         sistem ekonomi
·         keluarga
·         kekuasaan politik
2.      Bronislaw Malinowski mengatakan ada 4 unsur pokok yang meliputi:
·         sistem norma sosial yang memungkinkan kerja sama antara para anggota masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan alam sekelilingnya
·         organisasi ekonomi
·         alat-alat dan lembaga-lembaga atau petugas-petugas untuk pendidikan (keluarga adalah lembaga pendidikan utama)
·         organisasi kekuatan (politik)
3.      C. Kluckhohn mengemukakan ada 7 unsur kebudayaan secara universal (universal categories of culture) yaitu:
·         Bahasa
·         sistem pengetahuan
·         sistem tekhnologi dan peralatan
·         sistem kesenian
·         sistem mata pencarian hidup
·         sistem religi
·         sistem kekerabatan dan organisasi kemasyarakatan

Seperti yang tertera pada Unsur - unsur yang mempengaruhi budaya di atas, Perubahan budaya juga dapat terjadi akibat timbulnya perubahan lingkungan masyarakat, penemuan baru, dan kontak dengan kebudayaan lain, contohnya : 
  1. Indonesia memiliki banyak sekali bahasa daerah, mulai dari bahasa Bugis, Batak, Sunda dan lain-lain. Namun, banyak juga bahasa yang mulai punah, Menurut saya itu terjadi karena mereka lebih berminat untuk menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dibandingkan bahasa daerahnya sendiri, karena bahasa tersebut bersifat Universal dibandingkan bahasa daerahnya yang  hanya dipahami oleh masyarakat di daerah tersebut. Jadi, menyebabkan kepunahan dalam bahasa daerah itu sendiri.
  2. Perubahan Budaya juga terjadi di Dunia Pendidikan, salah satu penyebabnya adalah penemuan baru atau yang biasa kita sebut Teknologi. Teknologi membuat murid yang biasanya mencari referensi tugas di buku atau di koran, berubah menjadi di Internet. Teknologi juga mengubah cara belajar dari hanya menggunakan kertas jadi menggunakan Gadget seperti laptop, tablet, bahkan handphone. 

Referensi:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar