Minggu, 30 April 2017

Tugas Individu 2 : Etika Bisnis

Analisis Produk yang digunakan sehari-hari.


Gambar terkait
(Pict from Google)

 
1.      Jenis Produk

Kosmetik merupakan salah satu produk yang ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan sekunder dan keinginan konsumen, agar tampil lebih cantik dan menarik. Salah satunya yaitu memiliki bibir yang terlihat cantik, indah dan memukau. Emn Cream Matte merupakan sebuah produk lip cream dari Emn yang khusus untuk para kaum hawa yang menyukai mobilitas, sensualitas dan ingin tampil cantik sepanjang hari tanpa khawatir lipstik cepat pudar, kering dan berat saat diaplikasikan. Lip cream ini salah satu yang paling populer di kalangan wanita Indonesia untuk riasan bibir. Selain packagingnya yang unik dan menarik, Emn Cream Matte ini menghasilkan finishing matte yang ringan saat dipakai dengan 7 varian warna begitu cantik dan memukau.


2.      Produksi

Berikut ingredients produk ini: Cyclopentasiloxane, Isododecane, Trisiloxane, Dilsostearyl Malate, Capyryl Methicone, Trimethyisiloxysilicate, Synthetic Beeswax, Disteardimonium Hectorite, Aluminum Startch Octenylsuccinate, Propylene Carbonate, Silica Dimethyl Silyate, Cetyl Dimethicone, Tocopheryl Acetate, Propylparaben, Fragrance, Talc, Aluminum Hydroxyde, Triethoxycaprylysilane. Produk ini mengandung Aluminum Startch Octenylsuccinate. Ternyata, komposisi inilah yang bikin Emn Cream Matte lembut ketika dipakai, tidak lengket, juga terasa sangat ringan. Aluminum Startch Octenylsuccinate berfungsi sebagai anti-caking agent, thickening agent, dan absorbent, yang kalau ada di posisi awal di ingredients list, bisa bikin produk tersebut menjadi powdery-matte seperti Emn Creamatte ini


3.      Distribusi

Setelah sukses selama bertahun – tahun dengan berbagai produk dari brand Wrdh, PT. Paragon Technology & Innovation (PTI) ingin melebarkan targetnya ke pasar anak remaja. Maka, lahirlah brand Emn Cosmetics. PTI mengharapkan dengan lahirnya brand Emn Cosmetics, produk – produknya dapat mengusai pasar kosmetik di Indonesia dan mencapai target keuntungan perusahaan selama 5 tahun. Emn Cosmetics ini memiliki karakteristik pure, friendly, practical, honest, pure, humble, sweet, dan easy going. Emn Cream Matte dapat diperoleh pada counter resmi Emn, Emn Playground, atau drugstore seperti Guardian, Watsons, dll. Dikarenakan produk ini laris manis di pasaran tidak heran produk ini mudah habis hampir disetiap store. Jadi, banyak online shop yang menjualnya.

                                                                                 
4.      Harga

Emn Cream Matte ini hanya Rp 45.000 saja. Sangat terjangkau dibandingkan dengan produk matte lip cream/matte lip liquid lainnya yang harganya di atas Rp 100.000. Apalagi untuk produk luar sejenis yang hype saat ini. Sehingga dari segi harga, tentu produk ini sangat bisa bersaing dengan produk sejenis.


5.      Iklan

Emn memfokuskan periklanan melalui media social yang sedang ramai digunakan oleh masyarakat. Dalam hal ini emn menggunakan media social yaitu Youtube dan Instagram. Terlebih lagi Youtube, dikarenakan Emn mentargetkan konsumennya yaitu para anak muda. Dikarenakan banyaknya kalangan muda dan pengguna Beauty Vlogger di youtube, Emn berkerjasama dengan salah satu Beauty Vlogger untuk membuat short movie. Hal ini menarik perhatian banyak bagi dunia percantikan di media social.


6.      Analisis

        Model etika bisnis dari produk Emn ini adalah model etika moral manajemen. Dalam moral manajemen, nilai-nilai etika dan moralitas diletakkan pada level standar tertinggi dari segala bentuk prilaku dan aktivitas bisnisnya. Manajer yang termasuk dalam tipe ini hanya menerima dan mematuhi aturan-aturan yang berlaku namun juga terbiasa meletakkan prinsip-prinsip etika dalam kepemimpinannya. Seorang manajer yang termasuk dalam tipe ini menginginkan keuntungan dalam bisnisnya, tapi hanya jika bisnis yang dijalankannya secara legal dan juga tidak melanggar etika yang berlaku. 

Referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar