Sabtu, 15 November 2014

Tugas SOFTSKILL 4 : ILMU BUDAYA DASAR - Teori Kebutuhan Maslow

      Teori Kebutuhan Maslow sebagai kebutuhan-kebutuhan dasar yang digambarkan sebagai sebuah Hierarki atau tangga yang menggambarkan tingkat kebutuhan.Terdapat lima tingkat kebutuhan dasar, yaitu :
·         kebutuhan fisiologis atau mempertahankan hidupnya secara fisik. Contoh: makanan, minuman, tempat berteduh, berhubungan, tidur dan oksigen.
·         kebutuhan akan rasa aman atau rasa aman fisik. Contoh: terlindungi dari bahaya atau ancaman.
·         kebutuhan akan rasa memiliki dan kasih sayang. Contoh: keinginan untuk memiliki pasangan, keturunan, sahabat, dan kebutuhan akan perhatian atas kasih sayang.
·         kebutuhan akan penghargaan. Contoh: kebutuhan akan status, jabatan, reputasi, ketenaran, dll.
·         kebutuhan akan aktualisasi diri atau Goals in life, apa yang di inginkan dalam kehidupannya.
                 Maslow memberi hipotesis bahwa setelah individu memuaskan kebutuhan pada tingkat paling bawah terlebih dahulu, individu akan memuaskan kebutuhan pada tingkat yang berikutnya. Jika sudah sampai pada tingkatan tertinggi tapi kebutuhan dasarnya tidak terpuaskan, maka individu dapat kembali pada tingkat kebutuhan yang sebelumnya.

Seperti yang tertera pada teori Maslow, seseorang membutuhkan rasa aman secara fisik maupun batin, secara tidak langsung terhindar dari kegelisahan.

Kegelisahan menyebabkan ketidak jernihan dalam berfikir. Kegelisahan dapat terjadi ketika kita merasa khawatir, sehingga apapun keadaan yang ada di sekitar tidak akan di hiraukan dan secara otomatis hanya akan memikirkan apa yang membuat kita gelisah.

Semua orang pasti pernah merasakan gelisah, di mana dan kapanpun. Kegelisahan terakhir yang pernah saya alami ketika saya mengantar adik saya pergi ke tempat lesnya, itu sudah menjadi tugas saya untuk mengantar adik bungsu saya, Aurrel. Tidak seperti biasanya, seharusnya saya menunggu Aurrel sampai les selesai, namun di saat itu saya hanya men-drop kan dia saja di depan mall tempat dia les, lalu saya pergi. Memang ini seharusnya tidak boleh di biarkan, mengingat umur Aurrel hanya 7 tahun. Setelah saya berjalan pergi, Mama telfon dan bilang Aurrel hari itu tidak ada jadwal les, Otomatis saya kembali ke tempat les Aurrel, lalu saya menanyakan Aurrel kepada Pegawai di tempat les tersebut, dia bilang Aurrel sudah pulang, saya panik dan khawatir. Mengingat tidak ada yang menjemput Aurrel selain saya, saya mencari dimana-mana namun Aurrel tidak ada. Saya mulai tidak bisa berfikiran jernih, saya memikirkan hal-hal negatif yang terjadi akibat kelalaian saya. Akhirnya saya pergi ke tempat di mana saya mendrop Aurrel tadi, ternyata dia sedang duduk sambil memainkan kamera plastik kepunyaanya, saya menangis lega, saya berjanji kepada diri saya untuk tidak membiarkan dia sendiri lagi.

Kebutuhan akan rasa memiliki dan kasih sayang, tentunya semua orang ingin merasakan kasih sayang dan perhatian, mereka tidak ingin merasa kesepian apalagi di asingkan.

Keterasingan adalah perasaan dimana kita tersisihkan, terpencil, dan terpisah dari orang lain, yang menyebabkan orang berada dalam keterasingan itu ialah perilakunya yang tidak dapat diterima oleh orang lain, atau kekurangan yang ada pada diri seseorang, sehingga ia tidak dapat atau sulit menyesuaikan diri dalam lingkungannya.

 Kesepian adalah perasaan dimana seseorang tidak di perhatikan atau tidak di perdulikan oleh orang lain. Kesepian bisa terjadi karena adanya Masalah, Situasi, dan Kondisi yan tidak memungkinkan. Kesepian bisa saja timbul walaupun kita sudah memiliki pasangan hidup, keluarga, pekerjaan maupun memiliki banyak sahabat. Kesepian sebenarnya berasal dari dalam hati seseorang,  Kesepian itu bukan karena tidak ada orang disekitar kita, tetapi di dalam hati maupun perasaan kita merasa seakan-akan mereka tidak membutuhkan atau memperhatikan kita lagi. Tiap orang membutuhkan perhatian maupun kasih sayang.

Goals in life, semua orang mempunyai harapan, tujuan dalam hidup.
Di dalam hati seseorang, mereka mempunyai harapan. Harapan saya dari kuliah adalah untuk menyelesaikan amanah alm. Papa saya, dan membuktikan kepada beliau bahwa nanti saya akan menjadi orang yang sukses. Dengan cara tidak menyianyiakan perjuangan saya setiap hari berangkat kuliah hanya untuk bermain main saja, tetapi belajar dengan tekun dan tekad bahwa saya akan membuat papa saya tersenyum bangga J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar